Pengalaman Spiritual

Pengalaman spiritual menurut saya merupakan hal yang sangat pribadi dan sensitif untuk diperbincangkan. Namun, karena adanya tugas ini saya “terpaksa” untuk membeberkan sedikit pengalaman spiritual yang pernah saya alami. Tapi kata terpaksa di sini bukan berarti saya tidak ikhlas untuk membagikan pengalaman saya, tapi karena saya merasa kata-kata tidak akan mampu untuk mengungkapkan dalamnya pengalaman spiritual yang saya alami.

Pada saat saya mengundurkan diri dari sebuah Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia, saya merasa diri saya bagaikan seonggok sampah yang tidak ada harganya. Banyak orang-orang yang terus menerus menanyakan keputusan saya. Walaupun mereka tidak menghina ataupun merendahkan saya, tapi saya merasakan tekanan yang tinggi saat berhadapan dengan orang-orang.

Hal ini nyaris saja membuat saya hilang akal. Saya benar-benar merasakan kekalutan dan depresi yang dalam. Namun orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk banyak-banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Dalam setiap shalat yang saya lakukan (karena saya adalah seorang muslim), saya selalu berdoa kepada Tuhan untuk memberikan petunjuk tentang jalan mana yang harus saya ambil. Hal ini terus menerus saya lakukan sampai pada suatu malam, saya tidak bisa tidur karena pada saat itu jawaban dari Tuhan datang. Semalaman saya tidak bisa tidur karena memikirkan kebaikan dan keburukan dari jalan yang dilintaskan ke pikiran saya olehNya.

Keesokan paginya, saya bangun dengan penuh keyakinan. Saya sudah mantap dengan jalan yang ditunjukkan olehNya. Apapun resikonya akan saya tanggung, karena itulah jawaban yang dikirimkan oleh Tuhan. Dan akhirnya saat ini saya merasa bahwa pilihan itu memang adalah pilihan yang terbaik bagi saya dan sesuai dengan apa yang saya cari selama ini.

Dari pengalaman itulah saya belajar bahwa Tuhan itu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Leave a Reply

