Kebajikan

Kebajikan adalah suatu perbuatan baik yang sesuai dengan hati nurani. Kebajikan juga ditentukan oleh sudut pandang. Suatu hal bisa disebut kebajikan apabila masyarakat memandang hal tersebut sebagai suatu kebajikan, atau dengan bahasa sendiri saya menyebutnya “kebajikan kolektif”. Kebajikan kolektif merupakan cerminan bahwa suatu perbuatan tersebut secara langsung ataupun tidak langsung dianggap sebagai sesuatu yang baik oleh masyarakat pada umumnya.

Pengalaman akan kebajikan yang pernah dan sampai sekarang masih saya alami adalah tentang kejujuran. Bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan seperti saya, kejujuran itu adalah hal yang sangat penting, dan merupakan suatu kebajikan kolektif. Ibu saya dari kecil sudah mendidik saya untuk tidak mencontek pada saat mengerjakan ujian. Kata-kata ibu saya selalu terngiang di benak saya tidak hanya pada saat mengerjakan ujian, tapi juga pada saat mengerjakan tugas-tugas.

Sampai saat ini saya selalu berusaha mengerjakan semua tugas dan ujian sesuai dengan kemampuan saya, tanpa bantuan orang lain. Hal ini saya lakukan karena dorongan hati nurani saya, serta kata-kata ibu saya yang selalu terngiang di benak saya. Di samping itu, dengan mengerjakan tugas dan ujian sesuai kemampuan sendiri, saya dapat mengetahui batas kemampuan serta kelemahan-kelemahan saya, sehingga dapat diperbaiki di kemudian hari.

Mencontek bagi sebagian besar mahasiswa mungkin merupakan sesuatu yang lumrah dan merupakan sesuatu yang sepele. Namun, hati nurani saya mengajak saya untuk tidak ikut-ikutan dalam hal tersebut. Hati nurani manusia tidak akan pernah salah, karena di dalam hati nurani telah ditanamkan sifat-sifat luhur seorang manusia oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap diri manusia. Selama manusia mendengarkan kata hati nuraninya, maka manusia itu akan menjadi manusia yang beradab, terpuji, dan jauh dari sifat-sifat jahiliyah dan kebinatangan.

Leave a Reply

